TransferWise: Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri

Transfer uang antar negara dengan mata uang asing seperti Euro, Dollar, Riyal, atau Yen kini lebih mudah dan murah dengan TransferWise. Uang dari luar negeri pun bisa langsung masuk ke rekening bank domestik seperti BCA, BNI, dan BRI.

TransferWise Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri
TransferWise Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri

TransferWise adalah layanan pengiriman uang lintas negara dan mata uang yang berbasis di London. Kepopuleran TransferWise meledak di London pada tahun 2011 karena biaya kirim uang yang begitu murah.

Meskipun saat ini TransferWise belum menjangkau semua negara, setidaknya ada 61 negara tujuan transfer yang bisa Anda pilih. Indonesia salah satunya.

Apa saja kelebihan dan fitur TransferWise hingga perusahaan ini lebih disukai daripada PayPal, Western Union, MoneyGram, atau Payoneer?

Kelebihan TransferWise

TransferWise Biaya Kirim Jauh Lebih Murah
TransferWise Biaya Kirim Jauh Lebih Murah

Layanan pengiriman uang internasional ini memberikan kelebihan yang tidak dimiliki layanan lain sejenis sehingga semakin banyak orang menggunakan TransferWise.

Apa saja kelebihan TransferWise?

1. Biaya Kirim Jauh Lebih Murah

Melalui TransferWise, Anda bisa menghemat biaya kirim hingga 90%.

Misalnya saja, Anda ingin mengirim 1.000 GBP ke Indonesia melalui bank. Maka, Anda harus membayar biaya transfer sebesar 49,48 GBP. Tapi dengan TransferWise, biaya transfer bisa ditekan sehingga Anda hanya perlu bayar 4,98 GBP.

Biaya kirim mata uang asing melalui TransferWise lebih rendah karena perusahaan ini menggunakan akun bank mereka sendiri di negara-negara penerima.

TransferWise tidak mengirim uang Anda dari Inggris ke Indonesia. TransferWise menerima uang Pound Sterling Anda di Inggris, lalu mentransfer uang Rupiah yang sudah mereka miliki di Indonesia ke rekening tujuan Anda di Indonesia.

Oleh sebab itu, TransferWise tidak perlu membayar biaya transfer antar negara sehingga ongkos kirim uang bisa jauh lebih rendah. Biasanya, Transferwise mematok ongkos sekitar 0.4% dari jumlah uang yang dikirim.

2. TransferWise Menggunakan Kurs Tengah

Kurs mata uang berubah-ubah setiap hari. Ketika Anda bertransaksi antar mata uang di bank, Anda harus membayar kurs terendah.

Artinya, ketika Anda mengirim uang 1.000 GBP ke IDR dengan kurs beli BCA 19,088 IDR, rekening tujuan penerima hanya akan menerima 19.088.000 IDR.

Sedangkan melalui TransferWise yang menggunakan kurs tengah, 1.000 GBP tersebut akan sampai ke rekening penerima sejumlah 19.191.700 IDR.

Perbedaan keduanya bisa mencapai Rp 100.000 untuk setiap 1.000 GBP yang Anda kirim, meskipun uang dikirim di waktu dan tanggal yang sama.

TransferWise menggunakan kurs tengah sehingga mata uang Anda dihargai lebih tinggi dibanding bank.

3. Transfer Cepat

TransferWise memberikan perkiraan lama transfer sebelum Anda menekan tombol ‘Kirim Uang’. Tapi, tidak ada garansi standar yang menyebutkan berapa lama uang akan sampai di bank tujuan.

Kecepatan kirim uang TransferWise tergantung pada hal-hal berikut ini;

  • Negara Anda mengirim uang dan negara tujuan
  • Metode pembayaran ke TransferWise yang Anda pilih
  • Kapan Anda mengirim uang
  • Pengecekkan keamanan

Kunjungi langsung laman TransferWise untuk melihat perkiraan durasi pengiriman uang ke negara tujuan Anda.

4. Mudah Dipakai

Anda hanya perlu daftar TransferWise dengan memasukkan data, detail bank asal Anda, dan bank tujuan pengiriman. Apalagi jika Anda mengirim uang melalui AppStore atau PlayStore. Kirim uang dari luar negeri ke Indonesia bisa Anda selesaikan dalam 5 menit saja.

5. Aman dan Diregulasi

Keraguan menggunakan layanan kirim uang online memang masuk akal, apalagi jika Anda ingin transfer uang dalam jumlah besar. Tapi dengan TransferWise, keamanan Anda terjamin.

TransferWise yang berbasis di London, Inggris sudah teregulasi oleh Financial Conduct Authority (FCA) milik Inggris.

Artinya, setiap pengguna TransferWise dilindungi oleh undang-undang dan regulasi Eropa yang terkenal ketat hampir dalam segala hal.

6. Penerima Tidak Harus Memiliki Akun TransferWise

Tidak masalah kalau rekening tujuan pengiriman adalah rekening bank domestik, TransferWise tetap bisa menyelesaikan transaksi Anda dalam waktu singkat.

Penerima uang Anda tidak harus memiliki akun TransferWise untuk bisa menerima uang yang Anda kirim dari TransferWise.

7. Banyak Pengguna Puas

Kebanyakan pengguna TransferWise mengaku puas. Buktinya, TransferWise memiliki ulasan rata-rata 9.3/10 dari total 40.000 ulasan di www.trustpilot.com.

TransferWise belum pernah menerima komplain kendala pengiriman uang atau akun dibekukan seperti yang umum terjadi di PayPal. 

Kalau Anda mengirimkan komplain ke TransferWise, mereka umumnya membalas dengan cepat. Selain itu, TransferWise berani menggaransi bahwa informasi yang Anda peroleh akurat.

Anda bisa menghubungi TransferWise melalui telepon, e-mail, dan live-chat. Sejauh ini, keluhan TransferWise biasanya hanya di kecepatan respon yang kadang bisa lama.

Fitur TransferWise

pahl18 SQB0pYzZPEJgtLS3OyrWp DjMGenKGyck XQV ej7 9j
TransferWise menyediakan akun personal dan bisnis, serta menggratiskan kartu debit MasterCard bagi pengguna.

Selain kelebihannya yang jelas memanjakan pengguna, TransferWise memiliki fitur pendukung untuk memudahkan transaksi mata uang asing. Apa saja?

1. Variasi Metode Transfer

TransferWise menyediakan berbagai cara untuk mengirim uang. Selain transfer bank, ada metode transfer lain yang tersedia sesuai dengan negara asal Anda mengirim uang. Diantaranya;

  • Bank Transfer
  • SOFORT
  • iDEAL
  • Trustly Instant Bank Payment
  • SEPA Direct Debit
  • SWIFT
  • Kartu Kredit
  • Apple Pay
  • Android Pay

Pilih metode transfer yang paling menguntungkan sesuai dengan negara asal dan negara tujuan pengiriman.

2. TransferWise Menawarkan Kartu Debit Gratis

Pengguna TransferWise bisa meminta kartu debit Mastercard dengan mata uang berbeda dalam satu akun, gratis.

Anda bisa menggunakan kartu ini di seluruh dunia untuk bertransaksi di toko-toko yang menerima MasterCard atau menarik uang di ATM berlogo MasterCard tanpa biaya konversi mata uang yang tinggi.

Kartu ini secara otomatis menggunakan mata uang negara di mana Anda berada. Sebagai contoh, kalau Anda memiliki uang EUR dan USD dalam satu akun TransferWise, EUR akan otomatis digunakan bertransaksi jika Anda berada di wilayah Uni Eropa.

3. TransferWise Bisnis

Selain transfer antar teman dan keluarga, TransferWise juga menyediakan pembayaran antar bisnis. Kalau Anda ingin mengirim uang melalui bisnis Anda, silakan buat profil bisnis dalam akun TransferWise Anda.

Anda akan diminta untuk memasukkan data pribadi, lalu proses verifikasi data akan dimulai untuk memastikan keakuratan data yang Anda masukkan. Setelahnya, Anda bisa mengirim uang atau menerima pembayaran dari klien di luar negeri.

TransferWise bisnis menyediakan API untuk memproses dan menagih pembayaran ke pelanggan, serta integrasi dengan software invoicing seperti Zoho, Square, QuickBooks, Xero, Wave, dan Freshbooks.

Mulai Pakai TransferWise Sekarang

Kalau Anda tinggal di luar negeri karena alasan studi, bekerja, menikah, atau liburan, TransferWise memudahkan transaksi antar negara dan mata uang. 

Ekspatriat umumnya perlu mengirim uang secara teratur ke Indonesia. Dalam jangka panjang, menggunakan TransferWise lebih hemat biaya transfer dibandingkan transfer melalui bank.

Bisnis kecil yang ingin merambah klien internasional pun bisa menggunakan TransferWise bisnis untuk proses pembayaran. Ketersediaan API dan integrasi dengan software invoicing memudahkan Anda untuk mengirim dan menerima uang dari luar negeri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *