Langkah Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Menghasilkan uang tambahan dimasa PSBB ini salah satunya bisa dilakukan dari blog. Perlu diketahui juga dengan blog Anda bisa memiliki penghasilan dengan berbagai cara.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar bagaimana cara membuat blog, membuat konten dengan kualitas SEO yang baik, mendatangkan trafik dan cara menghasilakn uang dari blog. Yuk simak uraian selengkapnya dibawah ini :

1. Cara Membuat Blog di WordPress Untuk Pemula

Ada beberapa orang diantara Anda yang menanyakan, Bagaimana sih cara membuat blog tanpa harus menguasai bahasa pemrograman ?

Tidak perlu khawatir tidak menguasai bahasa pemrograman, ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk membuat blog. Diantaranya adalah Blogger , WordPress dan Medium.

Dari ketiga platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi yang menurut saya paling rekomendasi adalah menggunakan platform WordPress.

Alasan menggunakan WordPress adalah karena platform ini memiliki banyak tema dan plugin untuk membantu blog menjadi terlihat profesional. Tidak hanya itu WordPress ini open source dan gratis juga. Sehingga cocok untuk level pemula hingga mahir.

Dalam membuat blog dengan WordPress ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan platform WordPress ini, diantaranya adalah sebegai berikut :

a. Domain

Domain adalah nama unik untuk mempermudah identifikasi sebuah jariangan tanpa harus hafal Internet Protocol (IP) server.

Sangat direkomendasikan menggunakan domain yang unik dan mudah di ingat. Jadi ketika pembaca membutuhkan informasi yang ada di blog Anda, bisa lansung mengetikan domain blog Anda.

b. Hosting

Setelah mendapatkan domain yang pas untuk blog, sekarang mencari hosting untuk blog Anda. Hosting adalah salah satu layanan yang difungsikan untuk menyimpan data-data website atau blog agar dapat diakses.

Dalam menentukan hosting Anda harus bisa memilah, jangan sampai blog yang Anda buat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jadi belilah hosting dari penyedia yang sudah terpercaya.

Sesuaikan kebutuhan hosting untuk blog Anda, ketahui spesifikasi dan teknologi yang digunakan.

c. Tema

Selanjutnya pilihlah tema WordPress yang ringan, ringkas dan SEO friendly. Tujuannya agar blog terlihat elegan dan menjadi perhatian Google.

Keuntungan tema yang ringan adalah dapat meningkatkan pemuatan (loading) blog menjadi lebih cepat. Blog yang loading-nya cepat akan mendapatkan nilai lebih di mesin pencarian Google.

d. Plugin

Penggunaan plugin juga perlu diperhitungkan, gunakan plugin seperlunya saja. Contoh : plugin untuk caching yg bertujuan untuk meningkatkan kecepatan loading web blog. Plugin Contact Form 7 adalah salah satu plugin form builder yang paling ringan. Plugin SEO seperti Yoast dan Rank Math pilih salah satu untuk website Anda.

Penggunaan plugin yang berlebihan akan membuat website terasa berat ketika di akses, baik dari halaman dashboard maupun halaman depan websitenya.

2. Membuat Konten Blog

Setelah blog berhasil dibangun, langkah selanjutnya adalah membuat konten atau artikel. Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Artikel yang bermanfaat adalah artikel yang mampu menjawab pertanyaan atau memberikan solusi bagi pembaca.

Untuk membuat konten blog tentu harus memiliki kualitas SEO yang baik untuk dapat bersaing dan mendapatkan banyak pengunjung dari Google (organik). Dalam membuat artikel SEO membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena harus melakukan serangkaian reseach.

3. Bagikan Blog ke Media Sosial

Selain mendapatkan pengunjung organik, dengan media sosial bisa menjadi potensi untuk mendapatkan pengujung. Dengan media sosial, blog Anda dapat dijangkau lebih luas dan mendatangkan trafik.

Media Sosial mana yang bisa digunakan untuk mempromosikan blog Anda? Ada macam-macam media sosial populer yang bisa digunakan, mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, Grup WhatsApp, Telegram dan banyak lagi.

Apabila bingung bagaimana mempromosikan blog Anda ke media sosial, Anda tidak perlu khawatir berikut ada Panduan Lengkap Social Media Marketing.

5. Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Setelah blog Anda memiliki pengunjung yang ramai, langkah selanjutnya adalah cara membuat blog yang menghasilkan uang. Perlu diketahui jika blog yang dibangun tidak berkualitas makan Anda tidak akan pernah mendapatkan uang.

Blog yang tidak berkualitas biasanya tidak akan ada pengunjung. Sehingga blog tidak memiliki engagement yang baik. Jadi pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas.

Berikutnya, mempelajari bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula. Ada banyak cara yang bisa Anda ikuti untuk menghasilkan uang dari blog. Berikut ini ada beberapa pilihan yang cocok untuk blog Anda.

a. Penghasilan Blog dari Adsense

Adsense adalah Platform periklanan milik Google yang paling populer saat ini. Tujuan dari Adsense ini yaitu pemilk website dapat menghasilkan uang dari website atau blog yang dibagun. Terbukti sampai saat ini Adsense sudah digunakan oleh 2 juta pemilik website diseluruh dunia.

Anda akan mendapatkan bayaran dari setiap klik dan setiap tayangan iklan yang muncul di blog Anda. Besar kecilnya penghasilan dari Adsense dipengharuhi banyak faktor, beberapa diantaranya adalah posisi iklan, nice blog, minat baca pengunjung dan banyaknya trafik.

b. Penghasilan Blog dari Content Palcement

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan content placement atau endorsement. Anda pasti pernah melihat blog yang me-review sebuah produk.

Besaran uang yang dihasilkan dari content placement ini bervariasi. Tidak hanyak mendapatkan uang, biasanya ada juga yang mendapatkan produk yang dipromosikan secara gratis.

c. Penghasilan Blog dari Afiliasi

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog lainnya adalah dengan bermain afiliasi. Cara kerja afiliasi ini adalah apabila ada orang lain membeli atau mendaftar melalui link referensi Anda makan akan mendapatkan sejumlah persentase tergantung tentuan setiap layanan.

Salah satu yang paling saya rekomendasikan adalah dengan afiliasi Niagahoster. Cara untuk menjadi afiliator sangat mudah. Besaran komisi yang akan Anda dapatkan adalah 70% dari setiap produk hosting Niagahoster yang berhasil Anda referensikan melalui link afiliasi Anda.

6. Kesimpulan

Untuk membuat blog yang menghasilkan uang tidak begitu mudah. Ada banyak proses yang harus Anda lewati. Mulai dari membuat blog, membuat konten yang berguna memberikan solusi pada pembaca.

Menghasilkan uang dari blog bisa dari Google Adsense, Content Placement dan Afiliasi. Sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa menghasilkan uang dari website. Seperti membuat kelas online dan sebagainya.

Jika Anda berencana untuk membuat blog dengan WordPress, Niagahoster adalah tempat paling tepat untuk membeli hosting murah tapi tidak murahan. Server hosting dengan teknologi terbaru membuat website Anda cepat dan aman. Gunakan kupon APAKABAR saat proses pembayaran untuk mendapatkan tambahan diskon.

Jadi tunggu apalagi, ayo membuat blog untuk menghasilakn uang tambahan.

Nama Hosting

Desc Hosting

Beli

Hosting lain

entahlah

Beli

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *